Kamis, 07 Maret 2013

Peranan Fosfor Bagi Tubuh

Peranan Fosfor Bagi Tubuh




Fosfor bagi tubuh manusia memang penting, meski fosfor sendiri sangatlah banyak ditemukan dalam beraneka bidang mulai dari bidang makanan atau juga bahan bahan yang kerap membahayakan jika di konsumsi lebih, disini kita akan coba memahami seberapa besar peranan Fosfor bagi tubuh,,,?

Peranan fosfor adalah untuk membentuk tulang dan gigi,penyimpanan dan pengeluaran energi (perubahan ATP dengan ADP ). DNA dan RINA terdiri dari fosfor dalam bentuk fosfat demikian juga membrane sel yang membantu menjaga permebalitas sel.

Dalam bahan pangan, Fosfor terdapat dalam berbagai bahan organic dan anorganik. Enzim dan saluran pencernaan membebaskan fosfor yang anorganik dan ikatannya dengan bahan organic. Sebagian bentuk anorganik, khususnya dibagian atas duodenum yang bersifat kurang alkalis 70 % yang dicerna akan diserap.

Lantas seberapa sebenarnya jumlah fosfor yang bisa anda konsumsi setiap harinya ? Jawabannya adalah Fosfor yang sangat dianjurkan adalah 0,7 gram pada orang dewasa perhari nya karna kira kira sama perannya dengan kalsium

Pasalnya Fosfor adalah mineral ke 2 yang sangat banyak di jumpai dalam tubuh, yakni 1 persen dari berat badan manusia.Sementara itu, hitungannya adalah 85 persen fosfor yang ada dalam tubuh, membentuk sebagai garam kalsium fosfat, yang tak lain adalah bagian dari Kristal hidroksiapatit yang ada pada tulang dan gigi yang tidak bisa dilarutkan.

Adapun makanan yang dikenal sebagai sumber utama fosfor tak lain dan tak bukan adalah makanan yang berasal dari daging, unggas, ikan, dan juga telur. Akan tetapi makanan yang berasal dari biji bijan juga bisa dan sangat banyak mengandung fosfor. Selain itu makanan makanan yang sangat kaya akan kalsium dan juga proteinnya.disana pula banyak ditemukan kandungan fosfor yang jaga bermanfaat bagi manusia.

Sekali lagi keberadaan fosfor sangatlah penting, karena ini penting maka harus diperhatikan takarannya, kelebihan fosfor bisa mengakibatkan anda mengalami kejang kejang, meski kekurangan fosfor ini sangat jarang sekali terjadi,maka yang terjadi adalah terjadinya kerusakan pada tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar