Rabu, 06 Maret 2013

Peran Penting Mineral Tembaga

Peran Penting Mineral Tembaga





Tembaga adalah mineral yang mempunyai peranan penting dalam berbagai system enzim. Mineral ini membantu mengembangkan dan memfungsikan syaraf otak, bermanfaat untuk fungsi otak, perawatan kulit, radang sendi, infeksi tenggorokan, kekurangan hemoglobin, kekebalan, dan penyakit jantung.

Apabila tubuh mengalami kekurangan zat mineral tembaga maka dapat mengakibatkan; anemia, suhu tubuh rendah, masalah tulang, osteoporosis, vena melebar, jumlah sel darah putih yang rendah, detak jantung tidak normal, peningkatan kadar kolesterol, rendah resistensi terhadap infeksi, cacat lahir, pigmentasi kulit rendah, dan gangguan teroid.

Disisi lain, kelebihan zat mineral tembaga juga akan mempunyai dampak seperti; dapat menyebabkan menyebabkan kerusakan otak, berupa tremor (gemetaran), sakit kepala, sulit berbicara, hilangnya koordinasi dan psikosa.

Untuk mengatasi itu kita perlu makanan dan pantangan kekurangan dan kelebihan tembaga,Hanya dengan memperhatikan asupan gizi dan vitamin yang seimbang dan sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh agar tidak terjadi penyakit kekurangan dan kelebihan zat tembaga dalam tubuh . Sehingga tidak menimbulkan berbagai macam penyakit yang merugikan bagi tubuh.

Nah Berikut inilah Sumber Makanan Yang Kaya Zat Tembaga (Cu);

Zat Tembaga terdapat dalam berbagai sumber makanan seperti seafood hati,daging, kacang-kacangan, biji-bijian utuh tepung kedelai dedak gandum, almond, alpukat, barley, bawang putih, kacang, gandum,bit , dan Letil. Zat Tembaga juga bisa didapat tubuh manusia dengan minum air dari pipa tembaga dan dengan menggunakan peralatan tembaga untuk memasak. Tiram adalah sumber terkaya zat tembaga. Kadar zat tembaga bisa hilang karena lamamenyimpan dalam kaleng dan oleh bahan makanan yang tinggi kandungan asam.

Dianjurkan peningkatan asupan zat tembaga dalam makanan sehari hari yang berasal dari sumber – sumber seperti roti,yang terbuat dari gandum murni,biji – bijian,buncis kering,kacang polong dan daging ungggas .Namun demikian kita harus menjaga agar tidak berlebihan mengkonsumsi zat tembaga karna dapat menyebabkan keracunan.kecukupan mineral tembaga yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 2,5 mg per hari. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar