Selasa, 05 Maret 2013

Manfaat Boron Bagi Tubuh

Manfaat Boron Bagi Tubuh



Manfaat mineral untuk tubuh sangat banyak. Berbagai jenis mineral yang ada memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting untuk tubuh kita. Sebagian besar mineral membantu untuk menjaga metabolisme dan keseimbangan air dalam tubuh, serta menjaga kesehatan tulang.

Boron merupakan mineral yang ditemukan dalam makanan dan lingkungan. Orang-orang mengonsumsi suplemen boron sebagai obat.

Boron digunakan untuk membangun tulang yang kuat, mengobati osteoarthritis, sebagai bantuan untuk membangun otot dan meningkatkan tingkat testosteron, dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan koordinasi otot.Perempuan kadang-kadang menggunakan kapsul yang mengandung asam borat, bentuk paling umum dari boron, di dalam vagina untuk mengobati infeksi ragi. Orang juga menggunakan asam borat pada kulit sebagai zat atau untuk mencegah infeksi, atau menggunakannya sebagai mencuci mata.

Ada beberapa kekhawatiran bahwa dosis lebih dari 20 mg per hari, Jumlah besar boron dapat menyebabkan keracunan. Tanda-tanda keracunan termasuk peradangan kulit dan mengelupas, iritabilitas, tremor, kejang, kelemahan, sakit kepala, depresi, diare, muntah, dan gejala lainnya.Sumber-sumber pangan utama yang banyak mengandung boron adalah air yang bersumber dari tanah, susu dan produk-produk olahan susu, sari buah, berbagai minuman, dan madu.Tumbuhan berkeping dua (dikotil), seperti buah-buahan, sayur-sayuran, polong-polongan, dan kacang-kacangan terbukti memiliki kandungan boron lebih tinggi daripada tumbuhan monokotil seperti gandum-ganduman dan serealia.Buahan-buahan sumber boron adalah apel, pir, anggur, alpukat, dan buah kering.

Boron yang dianjurkan bagi orang dewasa sekitar 0.5 sampai 2 mg/hari. Konsumsi suplemen boron sangat tidak dianjurkan karena belum ada penelitian resmi mengenai toksisitas atau efek lain akibat konsumsi boron dalam dosis tinggi. Meskipun demikian, dosis boron hingga 10-15 mg per hari masih digunakan untuk pengobatan.

Suatu penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi boron dan kalsium secara teratur selama beberapa minggu menyebabkan 67-75 persen penderita dapat berhenti mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Hal ini membuktikan bahwa boron dan kalsium dapat mengurangi kecepatan degradasi tulang dan jaringan ikat persendian.

Mekanisme yang terjadi adalah penghambatan aktivitas enzim kolagenase, yaitu enzim yang mampu mendegradasi jaringan kolagen, terutama jaringan ikat. Degradasi terhadap jaringan kolagen juga dapat menyebabkan pengeriputan dan penuaan dini.

Beli Vitamin dan Mineral Online



Tidak ada komentar:

Posting Komentar