Kamis, 07 Maret 2013

Pentingkah Magnesium ?

Pentingnya Magnesium untuk Tubuh



Magnesium adalah mineral makro yang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Sebagian besar magnesium terdapat di dalam tulang dan otot. Sedangkan sisanya tersebar di seluruh sel dan cairan tubuh.Magnesium di dalam tubuh memiliki peran yang cukup banyak mulai dari mengirimkan pesan di sistem saraf, membuat otot-otot menjadi rileks, menghasilkan energi, untuk memelihara tulang dan gigi, membantu jantung berdetak maupun menjaga tekanan darah supaya tetap normal. Magnesium juga berfungsi untuk menjaga kelancaran fungsi mineral dan vitamin. Misalnya saja, vitamin C yang anda bisa dapatkan di Toko Online  langganan anda yang mana vitamin C di dalam tubuh anda akan bekerja maksimal kalau tersedia magnesium yang cukup.

Magnesium juga menjaga keseimbangan listrik yang tepat dan menfasilitasi kelancaran metabolisme dalam sel. Salah satu sifat utama magnesium adalah menstabilkan membran sel juga menstabilkan berbagai subselular organel. Patut Anda ketahui bahwa tubuh manusia memerlukan magnesium untuk menunjang berbagai aktifitas organ-organ tubuh.

Selain itu, magnesium juga berfungsi untuk mengatasi berbagai problem kesehatan manusia seperti asma dan diabetes. Jelas bahwa tubuh kita membutuhkan magnesium.
Di dalam tubuh sendiri mengandung 25 gram magnesium yang sebagian besarnya terdapat dalam tulang dan gigi. Lantas, bagaimana kalau tubuh tidak memiliki magnesium yang cukup?

Dampaknya ialah tubuh akan mengambil mineral magnesium dari tulang dan kemudian menempatkannya ke dalam darah. Hal tersebut tentu saja akan menyebabkan tulang menjadi lemah. Makanya tubuh Anda sangat memerlukan asupan magnesium yang cukup guna menunjang berbagai aktifitas organ yang membutuhkan zat ini sebagai pendukung fungsinya.

Untuk memenuhi kebutuhan magnesium anda harus mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak magnesium meliputi tahu, gandum utuh, sayuran berdaun hijau, dedak gandum, kacang brazil, tepung kedelai, almond, kacang mente, labu dan biji labu, kacang pinus dan kenari hitam. Sumber makanan baik lainnya meliputi kacang-kacangan, tepung gandum utuh, tepung gandum, bayam, kacang pistachio, sereal, havermut, pisang dan kentang panggang (dengan kulit), coklat dan bubuk coklat. Kebanyakan tumbuhan, rempah dan rumput laut seperti agar-agar rumput laut, ketumbar, biji seledri, sage, mustard kering, kemangi, bubuk kakao, biji adas, biji jinten, tarragon, marjoram, biji opium juga menyediakan magnesium.

Semoga Bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar