Kamis, 07 Maret 2013

Apa Itu Vitamin Larut Lemak ?


Apa Itu Vitamin Larut Lemak ?



Vitamin larut lemak ialah vitamin yang dapat ditemukan di dalam makanan berlemak seperti lemak hewani, termasuk mentega dan lemak babi, minyak nabati, produk susu, hati dan minyak ikan. Senyawa vitamin larut lemak dapat kita hasilkan sendiri didalam tubuh tanpa harus selalu mengkonsumsi makanan yang menghasilkan vitamin ini. Hal ini dikarenakan saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin larut lemak, maka vitamin ini akan menyimpannya didalam hati dan jaringan lemak di dalam tubuh sehingga saat kita membutuhkannya vitamin larut lemak akan langsung bekerja, tetapi mengkonsumsi terlalu banyak vitamin ini dapat mengakibatkan penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Jadi dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin larut lemak tidak dianjurkan untuk setiap hati dikonsumsi. Vitamin larut lemak antara lain;
1.      Vitamin A
Vitamin A atau yang biasa disebut sebagai retinol. Vitamin yang mempunyai manfaat besar untuk mata tetapi mempunyai manfaat lain yaitu untuk menjaga kulit dan selaput lendir yang berada dalam hidung dan mulut. Dan memiliki peran penting dalam fungsi kekebalan tubu, pertumbuhan tulang, reproduksi, dan penyembuhan luka. Makanan yang menghasilkan vitamin A dapat kita jumpai didalam makanan yaitu wortel, daging sapi, telur, susu, melon, mangga dan sejumlah sayur-sayuran yang memiliki sejumlah besar beta-karotin.

2.      Vitamin D
Vitamin D dikenal bekerja untuk kalsium dalam tubuh kita untuk membangun dan mempertahankan tulang kuat. Vitamin ini terlibat dalam mengatur sitem kekebalan tubuh dan sel, dimana vitamin ini dapat membantu mencegah kanker. Disaat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D ini tubuh akan menyimpannya dan disaat terkena sinar matahari vitamin ini baru bisa bekerja. Kekurangan vitamin D membuat kita mengalami tulang lemah, kanker payudara, tekanan darah tinggi, bahkan obesitas. Makanan yang mengandung vitamin D dapat ditemukan didalam yogurt, susu, keju, ikan sarden, bayam sereal, jus jeruk, sawi hijau.
3.      Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Antioksidan dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit serius seperti kanker dan jantung. Vitamin E juga berfungsi sebagai penghasil sel darah merah. Seseorang yang tidak dapat menyerap lemak dengan baik dapat mengalami kekurangan vitamin E dan mengakibatkan kelemahan otot, masalah penglihatan. Makanan yang mengandung vitamin E terdapat dalam gandum, telur, jagung, asparagus,margarin, ubi jalar dan bayam.
4.      Vitamin K
Vitamin K mempempunyai peran penting untuk pembekuan darah tetapi vitamin ini juga membantu pembentukan tulang, kekurangan vitamin K juga membuat kepadatan tulang berkurang. Makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin K adalah bayam, daun salada dan daun-daunan hijau lainnya.
            Vitamin dalam lemak ini dapat kita dapat dari berbagai macam makanan, tetapi untuk yang menambah stamina tubuh dalam beraktifitas dianjurkan untuk menambahkan dengan mengkonsumsi suplemen yang tersedia disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar