Selasa, 05 Maret 2013

Fakta Penting Mengenai Calcium

Fakta Penting Mengenai Calcium





Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan kalsium, nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang, gigi, dan tubuh Anda. Namun, mungkin Anda belum mengetahui beberapa fakta penting mengenai kalsium. Apa saja hal yang harus Ada ketahui tentang nutrisi ini?


Kalsium merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama tulang. Susu merupakan sumber kalsium yang sangat tinggi. Akan tetapi sumber kalsium bukan hanya terdapat pada susu saja. Makanan lain pun banyak yang mengandung kalsium sangat tinggi.

Kalsium sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang, mencegah artritis, menjaga kesehatan gigi, berperan dalam penurunan berat badan, mencegah kanker usus besar, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.



1.    Mengetahui takaran yang benar
      Wanita yang akan mengalami menopause dan pria yang berusia di bawah 50 tahun harus mendapatkan 1.000 mg kalsium setiap hari. Sedangkan wanita dan pria yang sudah melewati masa menopause dan berusia di atas 50 tahun memerlukan 1.200 mg kalsium.

2.  Pikirkan berapa banyak kalsium yang sudah Anda penuhi
      Tuliskan apa yang Anda makan setiap hari dan bandingkan dengan daftar asupan kalsium yang ada pada makanan. Biasanya tiga porsi makanan yang mengandung kalsium sudah cukup dalam sehari. Misalkan Anda makan yogurt saat sarapan, keju saat makan siang, dan es krim. Juga pertimbangkan makanan yang mengandung kalsium tambahan seperti sereal, jus jeruk, dan multivitamin. Anda tak harus menghitung secara detail, cukup diperkirakan saja.

3. Berhitung
      Sekarang, jika menurut Anda kebutuhan kalsium sebesar 1.000 - 1,200 mg sudah terpenuhi, maka Anda tak perlu lagi mengonsumsi suplemen. Jika Anda kekurangan kalsium, baru Anda boleh mengonsumsi suplemen. Namun, perhatikan takarannya dan jangan sampai berlebihan.

4. Jangan konsumsi semuanya
      Tubuh Anda tak bisa menyerap 600 mg kalsium sekaligus. Jadi, jangan mengonsumsi kalsium dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Tubuh Anda tak akan bisa menyerap manfaatnya. Bagi asupan kalsium dalam beberapa bagian, dan konsumsi secara bergantian. Ini akan memudahkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium secara maksimal.

     5. Konsumsi vitamin D juga
     Seperti yang Anda ketahui, vitamin D sangat diperlukan untuk proses penyerapan kalsium. Vitamin D tak harus didapatkan dari suplemen, tetapi juga bisa dari sayuran. Tidak ada ketetapan berapa banyak vitamin D yang harus dicukupi, namun biasanya anak-anak muda membutuhkan 400 - 500 IU setiap hari. Sementara orang dewasa bisa mengonsumsi sekitar 1.000 - 2.000 IU setiap hari.

     Suplemen kalsium sebenarnya sangat efektif dalam memastikan kesehatan anda selama tubuh benar benar menyerap sebagian besar kalsium yang ditawarkan. Sekarang saatnya anda dapat mencukupi kebutuhan kalsium anda dengan membeli supplemen calsium di toko online, karena kalsium berperan sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar