Kamis, 25 April 2013

Sistem Pencernaan Yang Sehat


Sistem Pencernaan Yang Sehat

Hampir semua jenis makanan yang masuk ke dalam mulut akan dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Untuk itu sebaiknya ketahui nutrisi atau makanan apa saja yang baik dan buruk bagi pencernaan. Memiliki gangguan pencernaan tentu tidak menyenangkan. Untuk menghindarinya, simak jurus-jurus sehat ini. Pencernaan yang sehat mendukung kekuatan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkannya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan.
  • Meningkatkan asupan serat harian identik dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, mengingat sayur, buah, sereal gandum, dan kacang-kacangan mengandung banyak serat. Mengubah gaya makan lebih sehat yang kaya serat tidak selalu memberatkan. Anda bisa memilih sereal tinggi serat untuk sarapan atau makan roti gandum, bukan roti putih biasa.
  • Selain itu, jangan lupa minum banyak air putih. Air putih berfungsi melumasi makanan di saluran pencernaan, membantu melarutkan mineral, vitamin, dan nutrisi sehingga lebih mudah diserap dan tinja lembap untuk mencegah sembelit. Minuman yang mengandung  jahe seperti Kinohimitsu J'pan D'T Tea Ginger  adalah Memperbaiki sistem pencernaan,melancarkan peredaran darah,menhangatkan tubuh,memperbaiki mood,meningkatkan imunitas tubuh,anti inflamasi dimana kita pasti tahu Jahe adalah rempah-rempah ini telah digunakan selaam ribuan tahun sebagai cara yang aman untuk meredakan mual, muntah, mabuk perjalanan, kelebihan gas dan kolik.
  • Proses mengunyah makanan merupakan salah satu bagian paling penting dari sistem pencernaan. Tapi sayangnya, banyak yang menyepelekan pentingnya mengunyah dengan baik.Mengunyah tidak hanya membantu memecah makanan, tetapi juga berfungsi memberikan sinyal ke kelenjar ludah, lambung, dan usus kecil untuk mulai melepaskan enzim pencernaan.
  • Selain mengunyah dengan benar, ada baiknya Anda memperhatikan porsi santapan. Satu hal yang baik untuk diketahui, tubuh memiliki banyak enzim-enzim yang dipergunakan untuk keperluan mencerna makanan. Ketika Anda menyantap hidangan dengan porsi besar, tubuh pun bekerja keras memproduksi asam yang lebih banyak pula untuk membantu mencerna makanan. Hal ini yang meningkatkan risiko Anda mengalami mulas dan menderita gangguan pencernaan.
  • Selain membantu Anda mempertahankan gaya hidup sehat, olahraga juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology telah menunjukkan, bahwa aktivitas fisik benar-benar dapat membantu mengurangi banyak masalah pencernaan. Dalam studi ini, ilmuwan menemukan hubungan antara obesitas, kurang olahraga, nyeri perut, diare, dan sindrom iritasi usus besar.
Nah disisi lain juga dapat memiliki efek negatif pada pencernaan anda seperti stres membuat tubuh mengurangi aliran darah ke perut, mengurangi produksi enzim pencernaan, dan memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan mulas, kembung, dan sembelit. Dan yang harus diperhatikan adalah Orang yang memiliki gangguan pencernaan harus menghindari makanan olahan karena mengandung terlalu banyak bahan tambahan.
Semoga Bermanfaat ,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar