Senin, 22 April 2013

Kenali Dan Cegah Kanker Prostat


Kenali Dan Cegah Kanker Prostat


Kanker prostat merupakan penyakit khas kaum pria, terutama yang berusia diatas 50 tahun. Kemunculannya pada usia tersebut disebabkan oleh proses perkembangannya yang lama. Dari inisiasi hingga mengganas berlangsung dalam beberapa tahapan dan bersifat latent. Waktunya bisa tahunan, bahkan puluhan tahun.
Prostat adalah nama kelenjar yang bentuknya dibungkus oleh serabut otot-otot. "Letaknya ada di panggul laki-laki," Fungsi dari prostat ini adalah sebagai fungsi reproduksi bagi laki-laki. Prostat membuat cairan untuk menutrisi sperma. Bentuknya tak terlalu besar, namun fungsinya vital. "Bisa menimbulkan masalah besar walau bentuknya kecil .
Pertumbuhan kanker prostat berjalan lambat. Untuk itu, agar terhindar dari penyakit ini, para kaum adam sebaiknya mewaspadai dan berhati-hati dengan gaya hidupnya. Beberapa hal yang membuat risiko kanker prostat ini semakin besar adalah faktor gaya hidup. Orang yang gemar menyantap makanan berkandungan lemak tinggi, risiko terkena kankernya semakin tinggi.
  • Bawang putih.

Makanan yang potensial dapat menghambat insiasi dan perkembangan kanker prostat antara lain bawang putih. Selain dikenal sebagai bumbu, ekstrak bawang putih ternyata juga berkhasiat sebagai anti kanker prostat.
  • Tomat.

Makanan antikanker prostat lainnya adalah tomat. Warna khas merah tomat berasal dari senyawa karetonoid likopen yang ternyata berperan dalam menyehatkan organ prostat dan jantung. Karena likoppen memiliki aktifitas antioksidan, berperan dalam pertumbuhan dan komunikasi intraseluler sel-sel jaringan tubuh.
  • Semangka.

Semangka bukan sumber air belaka, tepi juga mengandung likopen (4200 ug/100g) terutama pada bagian merahnya. Selain itu bagian putihnya mengandung senyawa yang berperan menyehatkan ginjal, seperti mencegah dan menghancurkan batu ginjal. Kalau ada gejala sakit ginjal banyaklah makan bagian putih daging semangka.Jadi, kalau makan buah semangka jangan bagian merahnya saja, tetapi bagian putihnya juga sehingga organ prostat dan ginjal sehat.
  • Jambu Bji dan Jeruk Bali.

Jambu bji (warna merah-pink) selain sebagai sumber kalium vitamin C, serat, dan vitamin A juga mengandung likopen (5200 ug/100g) sehingga baik untuk kesehatan prostat. Secara tradsisonal makan jambu biji juga disarankan bagi penderita diare dan demam berdarah.Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium, vitamin A (44 IU), boflavanoid,likopen (350 ug/100g). Jadi jeruk bali termasuk makanan antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat.
Satu hal yang perlu diingat bahwa berbagai makan anti Kanker tersebut bukan untuk pengobatan. Kalau Anda menderita kanker tersebut konsumsilah konsumen seperti WellnessProstac  yaitu suatu supplemen makanan yang mengandung bahan-bahan herbal diantaranya adalah Saw Palmetto yang terkenal dapat membantu mengatasi gangguan prostat.Selain itu Wellness Prostac juga mengandung Pumpkin Seed Extract yang antara lain bermanfaat utk membantu menjaga kesehatan ginjal.
Maka berobat ke dokter ahli adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Sedangkan aspek makanan antikanker prostat sifatnya hanya preventif, mengurangi kemungkinan inisiasi dan perkembangan penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar