Minggu, 07 April 2013

Khasiat Biji Anggur


Khasiat Biji Anggur

Selama ini orang mengenal anggur sebagai buah yang enak dan menyehatkan. Tahukah Anda, makan anggur sekaligus bijinya ternyata jauh lebih berkhasiat karena kandungan antioksidannya yang mampu meredam risiko kanker kulit?
Sebagian orang pasti berpikir dua kali jika diajak makan anggur dengan bijinya sekaligus. Mungkin terasa aneh karena selama ini orang sengaja membuang bijinya. Bahkan, saat sedang asyik menikmati, akan merasa risih jika ada biji yang tersangkut, dan spontan melepehnya. Tak heran, orang lebih mencari buah anggur dengan sedikit atau tanpa biji.
Mulai sekarang, buang rasa enggan itu. Pasalnya, berbagai penelitian mengungkapkan, selain kaya antioksidan, anggur potensial dikembangkan sebagai solusi alami antikanker, terutama meredam kelainan sel kulit akibat terpapar sinar matahari. Artinya, seperti kulit dan daging buahnya, biji-biji anggur pun berlimpah senyawa berkhasiat.
Dibalik kecantikan dan kelezatan buah anggur, ternyata buah anggur memiliki banyak manfaat. Buah anggur memiliki antioksidan dan serat yang tinggi sehingga mampu menjadi sumber energi yang menyegarkan dan mampu mencegah penuaan dini. Selain manfaat tersebut, buah anggur ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (bermanfaat anti sariawan), juga mengandung aktioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Tidak hanya daging buahnya saja, ternyata biji buah anggur juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita.
”Tak usah banyak-banyak, cukup lima sampai sepuluh butir buah anggur jika dijadikan campuran buah atau herbal lain yang tentunya bisa anda dapatkan di pasar atau di Toko Online anda. Salah satu penelitian mengenai hasil alam adalah Nature's Health Grape Seed Extract (50mg setiap kapsulnya) yang berasal dari biji anggur merah, mengandung 95% bahan aktif Oligomeric Proanthocyanidin (OPC), suatu bioflavonoid yang meruapakan suatu antioxidant kuat (50 kal lebih kuat dari vitamin E dan 20 kali lebih kuat dari vitamin C). OPC dapat terserap dalam darah dan bertahan selama 72 jam.
Menurut penelitian biji buah anggur memiliki kandungan mineral, seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat bagi tubuh. di dalam biji anggur terdapat kandungan endungeoned pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah kita. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke. Menurut penelitian lainya juga menyimpulkan bahwa di dalam biji buah anggur juga terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.
Jadi, mulai sekarang tentu tak ada alasan lagi untuk menolak makan anggur bersama kulit dan bijinya karena lebih bermanfaat dan berkhasiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar