Minggu, 19 Mei 2013

Mengatasi Batuk Berdahak


Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk adalah reaksi refleks yang terjadi akibat stimulasi saraf-saraf di lapisan dalam saluran pernapasan.  Ini biasanya terjadi karena penyumbatan pada saluran pernafasan dengan menghirup partikel debu di udara atau ketika sepotong makanan turun ke bagian yang salah.  Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi. Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya.
Dahak atau lendir adalah jelly tebal seperti cairan warna yang berbeda batuk dari tenggorokan. Namun, lendir merupakan bagian dari respons alami kekebalan tubuh kita yang membantu dalam menghilangkan penyerbu dari tubuh kita.  Ketika lendir dikeluarkan dari tubuh melalui batuk atau bersin, sering penyerbu juga akan dikeluarkan dengan itu.
Jangan meremehkan penyakit yang satu ini karena kita haru selalu waspada jika mengalami sakit batuk dalam kurun waktu yang lama. Bisa jadi, ada kuman Basil Tahan Asam (BTA) positif di dalam dahak mereka. Jika memang demikian, maka ancaman penyakit Tubercolosis (TBC) pun positif dialami.
Pengobatan untuk Batuk Lendir dan dahak.
Solusi alami untuk batuk lendir telah digunakan selama berabad-abad, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Menghirup uap dari bak air mendidih atau memilih mandi air panas (hangat) membantu dalam melonggarkan lendir di hidung tenggorokan.
  • Minum banyak air atau setidaknya tujuh atau delapan gelas air sehari-hari mengendur dahak.  Sejauh mungkin, yang terbaik untuk mengkonsumsi air panas/hangat untuk bantuan lebih cepat dari dahak.
  • Produk susu, daging atau gorengan menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh oleh karena itu harus dihindari.
  • Menggunakan humidifier atau vaporizer kabut dingin di malam hari terutama di musim dingin mengendurkan dahak di tenggorokan.  Menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk vaporizer juga membantu dalam mengurangi kongesti dada.
  • Berhenti merokok karena memperburuk kondisi pernapasan.
  • Berkumur dengan air garam dengan atau tanpa kunyit akan membantu dalam menenangkan saluran udara serta tenggorokan.
Yang harus diingat adalah untuk selalu menyediakan obat untuk menghilangkan batuk yang tiba-tiba, hal ini sangatlah penting. Salah satu obat untuk batuk yang dapat diminum oleh dewasa dan anak 12 tahun keatas adalah Natra Bio Adult Cough Syrup (8 OZ). Sirup ini sangat dikhusukan untuk batuk berdahak, dan dapat dibeli di Toko OnlineTerpercaya anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar