Minggu, 26 Mei 2013

Apa Itu Tumbuhan Echinacea?

Apa Itu Tumbuhan Echinacea?

Saat ini banyak produk obat tradisional (jamu tolak angin), multivitamin atau minuman berenergi mengandung Echinacea beredar di pasaran. Apakah Echinachea itu? Echinacea atau purple cone adalah genus dari tanaman yang banyak tumbuh di daerah Amerika Utara dan Eropa. Tumbuhan ini telah lama digunakan sebagai obat khususnya bagi suku asli Amerika untuk mengobati berbagai penyakit dari infeksi sampai gigitan ular. Echinacea purpurea dipercaya dapat meringankan Common cold, influenza, dan infeksi pernafasan lainnya dan meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi.
Dinegara asalnya (negara 4 musim)  biasanya Echinacea dipanen sampai  3 kali , Sebelum musim gugur dipanen dari batang ke atas, dan nanti musim semi tumbuh lagi Echinacea dengan bunga warna lain putih /merah tetapi echinacea yang  berwarna merah dan putih ini kadarnya sangat rendah sehingga tidak dipakai untuk pengobatan.
Ada beberapa jenis yang serupa: Echinacea purpurea, angustifolia, dan palida. Masing-masing mempunyai sifat medis yang sedikit berbeda.Echinacea purpurea tampak lebih aktif dalam tabung percobaan. Echinacea angustifolia tampak lebih efektif pada manusia. Echinacea mengandung beberapa bahan kimia yang berperan dalam efek terapi, kandungan tersebut antara lain; polisakarida, glikoprotein, alkamides, minyak atsiri, dan flavonoid.
Echinacea adalah jamu yang paling umum dipakai oleh orang asli Amerika di daerah Great Plains. Echinacea adalah salah satu jamu yang paling laku di AS. Sejak akhir 1930-an, peneliti Jerman meneliti echinacea dan dampaknya pada sistem kekebalan tubuh. Pemerintah Jerman sudah menyetujui akar Echinacea palida dan daun Echinacea purpurea untuk dipakai terhadap selesma, flu, dan infeksi saluran pernapasan dan saluran kencing yang kronis. Banyak penelitian mendukung penggunaannya. Namun satu penelitian di AS pada 2006 tidak menemukan manfaat dari satu bentuk tertentu.
Kegunaan utama echinacea adalah untuk mengobati selesma dan flu. Echinacea juga dipakai untuk infeksi saluran kencing, luka pada kulit yang tidak pulih, dan masalah kulit seperti psoriasis dan eksema. Echinacea merangsang sistem kekebalan tubuh. Jamu ini mendorong penggiatan sel CD4 dan meningkatkan kegiatan sistem kekebalan tubuh. Echinacea juga membantu sel darah putih melawan kuman. Dampak ini dapat menjadi semakin kurang bila echinacea dipakai lebih dari beberapa minggu.

Untuk mendapatkan tumbuhan Echinacea dapat ditemukan di beberapa vitamin salah satunya ialah Nature Health Echinacea 250mg. Menggunakan sistim Standardized Extract yang menghasilkan konsentrat bahan aktif yang tepat dan stabil sehingga dosis dan kualitas produk terjamin dan menggunakan bahan baku berkualitas tinggi, 100% alamiah tanpa zat kimia, pengawet maupun pewarna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar