Selasa, 14 Mei 2013

Cara Ampuh Menangkal Radikal Bebas


Cara Ampuh Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron. Sewajarnya, setiap molekul memiliki elektron yang berpasangan. Akan tetapi, pada radikal bebas, molekul hanya memiliki satu elektron yang menyebabkannya berusaha “mencuri” elektron dari molekul lain. Hal inilah yang menjadikan molekul tersebut tidak stabil yang pada akhirnya mampu menyerang dan merusak molekul pada sel-sel yang sehat.
Pembentukan radikal bebas dapat berasal dari dalam tubuh dan luar tubuh. Radikal yang berasal dari dalam tubuh dapat dihasilkan pada saat bernapas dimana radikal bebas merupakan hasil samping proses oksidasi atau pembakaran di dalam tubuh. Selain itu, radikal bebas dapat juga dihasilkan dari proses metabolisme yang mana banyak melibatkan oksigen. Untuk hal ini, radikal bebas sangat mudah menyerang lemak, karbohirat, protein, enzim, dan DNA.
Sedangkan radikal bebas yang berasal dari luar tubuh didapat dari polutan, seperti asap rokok, radiasi, makanan berlemak, kopi, alkohol, bahan racun pestisida, atau stress yang berlebihan. Pembentukan radikal bebas di dalam tubuh juga bisa terjadi akibat olahraga yang berlebihan.
Cara Ampuh Lawan Radikal Bebas
Menurut Dr. Kenneth H.Cooper yang menjadi pencetus Preventive Medivciner, ada 4 langkah yang dapat dilakukan untuk melawan radikal bebas yang berbahaya dalam tubug :
1.    Berolah raga dengan intensitas rendah
2.    Mengkombinasi beberapa antioksidan setiap hari
3.    Mengatur diet dan memasak secara benar agar antioksidan dalam makanan tidak rusak
4.    Bergaya hidup bebas dari radikal bebas
Sebenarnya radikal bebas ini penting artinya bagi kesehatan dan fungsi tubuh jika jumlahnya tidak berlebihan atau dalam keadaan seimbang. Seperti ketika terjadi infeksi. Pada saat infeksi, radikal diperlukan untuk membunuh mikroorganisme penyebab infeksi. Tetapi paparan radikal bebas yang berlebihan dan secara terus-menerus yang didapat lewat asap rokok atau makanan berlemak dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel yang dapat mengancam tubuh manusia.
Adapun jenis makanan yang mengandung antioksidan dapat diperoleh dari jenis buah dan sayuran yang terdapat mengandung vitamin A, C, E, juga dari berbagai sumber makanan lainya. Jenis makanan penangkal radikal bebas dari vitamin A antara lain : Wortel, Brokoli, Bayam, Labu, Mangga, Sayurah hijau, Kentang, Telur dan Ikan. Sementara buah-buahan yang baik sebagai antioksidan dan mengandung Vitamin A adalah Semangka. Selain itu juga mangga, anggur dan pepaya. Dan mulailah untuk mengkonsumsi Nature Plus Sol Adult Immune Booster yang diperkaya khusus membantu menangkal masuknya radikal bebas, dimana mengandung Vitamin C, membantu meningkatkan produksi antibodi, membantu menghambat masuknya virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar