Kamis, 13 Juni 2013

Menjaga Penuaan Diri

Menjaga Penuaan Diri

Kehidupan seseorang semakin lama semakin berkualitas dan berpengalaman. Sehingga terkesan bahwa orang hidup terasa lebih lama daripada sebelumnya, baik dari segi kuantitas atau jumlah usia kita selama hidup dan kualitas atau mutu hidup. Tidak seperti yang Anda bayangkan dan pikirkan, sebenarnya adalah proses penuaan penuh dengan hal-hal yang negatif. Kesehatan dan kecantikan seseorang mulai menurun, bahkan kesehatan mental dan fisik mulai tidak stabil.
Tidak ada cara ampuh yang dapat melawan proses penuaan, kita semua pasti akan mengalaminya. Tapi ada faktor pendukung lain yang dapat mempengaruhi kesehatan kita dimasa tua. Genetika tentu mempunyai peran penting dalam mencapai kehidupan yang lebih sehat, tetapi faktor genetik hanya berpengaruh sekitar 30% dari proses penuaan kita. Sisanya berada pada kendali masing-masing individu sendiri tergantung pada gaya hidup yang mereka jalankan dalam keseharian mereka.
Langkah pertama untuk menuju proses kehidupan tua yang lebih sehat adalah mengatur gaya hidup kita sehari-hari. Misalnya, tidak ada lagi alasan yang baik untuk terus merokok. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda berhenti merokok pada usia 50an, Anda dapat mengurangi kesempatan Anda untuk mempunyai masalah kanker yang terletak pada paru-paru Anda.
Selanjutnya, periksa kebiasaan diet Anda. Makanan instan mungkin tampak lebih mudah untuk disajikan, terutama ketika Anda berada di luar rumah. Tetapi makanan instan tersebut kurang baik untuk kesehatan perempuan. Karena makanan instan tersebut tidak bisa menggantikan posisi sel-sel yang sudah rusak bahkan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Sebaliknya dengan makanan yang masih segar akan membantu tubuh Anda meregenerasi sel-sel baru yang masih sehat, bukan hanya sel-sel yang sudah rusak, dan ini merupakan kunci untuk proses menuju hari tua yang lebih sehat. Bahkan ketika Anda mengkonsumsi makanan sehat, maka dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh Anda.
Anda dapat melakukan aktivitas ringan yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Mungkin Anda dapat melakukan joging di taman, melakukan yoga, atau berenang di kolam renang. Olahraga teratur yang dilakukan selama 30 menit, tiga sampai lima kali dalam seminggu dapat membuat Anda menuju proses penuaan yang lebih sehat.
Mengatur kesehatan mental. Bila Anda tidak mengkonsumsi makanan sehat dan tidak melakukan olahraga, maka Anda akan sangat mudah untuk menjadi depresi dan tertekan, sehingga dapat menyebabkan Anda untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan yang tidak sehat dan juga meninggalkan kebiasaan Anda dalam berolahraga, sampai akhirnya menjadi penumpukan lemak pada perut Anda. Suplemen kesehatan dapat memberikan keseimbangan pada sistem organ dalam tubuh Anda, dan membantu Anda mendapatkan energi yang lebih banyak, sehingga menjadikan kejernihan mental dan fokus serta menghilangkan stress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar