Selasa, 02 Juli 2013

Bahayakah Kurang Darah ?

Bahayakah Kurang Darah ?

Anemia atau yang biasa disebut dengan kurang darah adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin (Hb) yang meupakan salah satu komponen darah, jumlahnya kurang dari normal. Kurang darah atau anemia bisa membuat tubuh terasa lemas dan tak bertenaga. Kondisi ini sangat menurunkan tingkat produktivitas, bahkan bisa membahayakan nyawa Anda. Untuk mencegahnya, cobalah perbanyak nutrisi penambah darah.
Anemia merupakan kondisi yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang menurun dalam darah atau bisa juga disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang melebihi normal. Setiap manusia memiliki sel darah merah dalam jumlah jutaan bahkan miliaran sel dalam tubuhnya. Di dalamnya, terdapat hemoglobin yang akan membuat darah manusia berwarna merah. Fungsi hemoglobin ini menjadi media transport oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.
Akibat dari anemia adalah transportasi akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna mengahasilkan energy. Kekurangan darah dapat memberikan gejala paling umum berupa lemas letih dan lesu. Gejala lainnya dapat berupa sakit kepala, sulit berkonsentrasi, sampai emosional. Jika anemia sudah parah, maka dapat membuat anda pucat, kuku rapuh, pusing, bagian putih mata anda menjadi kebiruan, sesak nafas, lidah yang nyeri. Anemia terkadang sulit dihindari pada kondisi normal seperti pada saat menstruasi. Pengobatannya adalah dengan mengobati penyebabnya, seperti menghentikan pendarahan yang terjadi.
Kurang darah atau anemia dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi. Diantaranya adalah daging merah, ikan, ayam, hati ayam, telur, kacang-kacangan dan sayur hijau. Kurangi konsumsi kopi dan teh, terutama saat anda sedang makan. Minuman ini membuat tubuh anda sulit untuk menyerap zat besi yang ada pada makanan anda. Pastikan juga anda mendapat asupan asam folat dan vitamin B12 pada makanan anda, atau dari suplemen. Suplemen peningkat zat besi atau penambah darah juga baik untuk dikonsumsi secara rutin, terutama apabila anda sedang menstruasi.
Ada beberapa solusi yaitu meminum vitamin yang mengandung Zat besi salah satunya TwinLab iron Caps (100 Capsules). Twinlab Iron Caps lebih mudah untuk dikonsumsi dan diasimilasi. Tidak mengandung garam, pemanis buatan, pengawet atau salisilat, pelapis,pewarna, dan pengikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar